Rabu, 16 Oktober 2013

Mencicil dengan kartu kredit, apa saja yang harus anda perhatikan?

Pernahkah anda datang ke sebuah pusat perbelanjaan dan mendapati promo cicilan bunga 0% dengan kartu kredit bank A atau B? Kartu kredit memang benar-benar sangat membantu dalam bertransaksi untuk keperluan membeli barang-barang yang anda inginkan. Meski demikian, anda diharuskan untuk tidak langsung tergiur dengan program cicilan tanpa bunga kartu kredit. Sebelum mencicil dengan kartu kredit, ada baiknya anda memastikan beberapa hal terlebih dahulu. Apa saja itu?

Program cicilan tanpa bunga kartu kredit
Nikmati kemudahan mencicil dengan kartu kredit untuk barang kesukaan anda!

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan sebelum anda mencicil dengan kartu kredit, tanyakan kepada pihak bank penerbit kartu kredit anda apakah program tersebut masih berlaku, serta apa syarat dan ketentuan yang diwajibkan. Biasanya bank memberikan promo tersebut kepada nasabah kartu kredit untuk membeli barang-barang tertentu saja, seperti laptop, hp, tablet, dll.

Hal yang selanjutnya ketika hendak menikmati program cicilan tanpa bunga kartu kredit adalah memeriksa limit kartu kredit anda. Pastikan limit anda masih mencukupi untuk bertransaksi atau mencicil dengan kartu kredit. Jangan sampai kartu kredit anda over limit, karna biasanya bank akan mengenakan biaya tambahan, meski beberapa diantaranya akan menolak transaksi jika kartu plastik telah mencapai limit yang telah diberikan. Anda juga semakin kesulitan untuk membayar tagihan bulanan anda.

Hal yang terakhir yang perlu anda pastikan sebelum mencicil dengan kartu kredit adalah menanyakan tentang metode pemotongan limit. Anda bisa menghubungi bank penerbit kartu kredit anda untuk menanyakan hal ini. Biasanya bank di Indonesia menerapkan 2 metode pemotongan limit, yaitu:

-          Bank akan memotong limit kartu kredit anda dengan jumlah sesuai harga produk yang anda beli. Potongan ini berlaku hingga cicilan lunas.
-          Bank penerbit kartu kredit akan menambahkan limit sejalan dengan pembayaran cicilan yang dilakukan. Besaran limit yang ditambahkan  biasanya sesuai dengan jumlah cicilan yang dibayar. Namun, metode ini biasanya hanya diberlakukan untuk nasabah kartu kredit yang membayar cicilan tepat waktu.

Nah, anda sekarang sudah tahu khan apa saja yang harus anda perhatikan sebelum mencicil dengan kartu kredit. Hal ini penting agar anda bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak dan tidak mudah tergiur dengan program cicilan tanpa bunga kartu kredit. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua!

Sumber: http://www.creditcard-revolution.com/mencicil-dengan-kartu-kredit-apa-saja-yang-harus-anda-perhatikan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar