Rabu, 16 Oktober 2013

Bagaimana menegosiasikan tingkat bunga kartu kredit anda lebih rendah

Salah satu poin yang seringkali membuat orang terjebak menjadi budak kartu kredit adalah ketidaktahuan mereka akan tingkat bunga kartu kredit. Tentunya, jika anda memiliki kartu plastik dengan bunga yang tinggi, itu bisa sangat membebani anda, apalagi jika anda tidak disiplin dalam melakukan pembayaran. Tapi tahukah anda, kalo anda bisa menegosiasikan besaran tingkat bunga tersebut kepada bank penerbit kartu kredit anda. Bagaimana caranya?


Tingkat bunga kartu kredit
Negosiasikan tingkat bunga kartu kredit anda sebelum menjerat anda
 
Langkah yang bisa anda lakukan dalam menegosiasikan tingkat bunga kartu kredit anda dengan menghubungi bank anda. Anda bisa memulai pembicaraan dengan cara yang halus dengan menyatakan bahwa anda mendapatkan penawaran dari bank lain dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Lalu, anda bisa menanyakan apakah bank mau memikirkan untuk menurunkan bunganya. Ada juga beberapa nasabah kartu kredit yang sedikit lebih ekstrem, dengan pendekatan yang sedikit agresif. Misal dengan menyatakan bahwa mereka tidak segan-segan pindah kalau bank tidak mau memenuhi permintaannya.


Tentunya, menghubungi bank saja tidak cukup tanpa memberi mereka alasan yang kuat kenapa anda berhak mendapatkan penurunan tingkat bunga kartu kredit. Anda bisa saja menyebutkan track record anda selama menjadi nasabah. Anda bisa saja mendapatkan keuntungan jika anda merupakan nasabah yang loyal yang telah lama menggunakan kartu kredit bank tersebut. Anda bisa menyebutkan sejarah anda dalam melakukan pembayaran yang tepat waktu, atau kalau bahkan memungkinkan anda bisa menyebutkan skor kredit anda.

Meskipun demikian, apapun usaha anda dalam menegosiasikan tingkat bunga kartu kredit, semua tergantung pihak bank apakah mau menurutinya atau tidak. Jadi, jangan sampai anda justru terjebak pada kondisi yang tidak mengenakkan hanya gara-gara anda mengatakan mendapatkan tawaran atau memiliki kartu kredit dengan suku bunga yang lebih rendah padahal tidak memilikinya. So, pastikan kalau anda benar-benar pantas untuk mendapatkannya. Kalaupun mentok, anda tinggal melaksanakan ancaman anda dengan menutup akun anda dan beralih kepada kartu kredit dari bank yang lain.

Sumber: http://www.creditcard-revolution.com/bagaimana-menegosiasikan-tingkat-bunga-kartu-kredit-anda-lebih-rendah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar